RSS

rasa_LAPAR dalam ber_MUJAHADAH :


BISMILLAHIRROCHMAANIRROCHIIM
LAPAR  sebelum berMUJAHADAH :

                Telah  kita ketahui salah satu kegemaran Orang-orang Sholeh adalah berPUASA (perbanyak lapar/kurangi makan dan minum ), Atau biasa kita dengar Tembang  jawa –TOMBO ATI  {Obat Hati}Yang salah satunya adalah *Kudu Weteng Ingkang Luwe *{Perbanyak Puasa/Kurangi makan},Ini semua dimaksudkan :
1. mengurangi darah yang mengalir ke HATI sehinga nampak PUTIH dan BERCAHAYA – agar supaya Cermin hati menjadi BERSIH dan MENGKILAU.
2. Mencairkan Lemak yang ada di HATI karna disitulah Tempat KELEMBUTAN, dan kelembutan inilah yang menjadi kunci untuk menyingkap HIJAB. sebagaimana HATI yang KERAS yang menjadikan munculnya HIJAB, yang bisa membuat EGO kita TINGGI dan HAWA NAFSU menjadi SERAKAH serta dengan tidak sadar kita telah berbuat SYIRIK.


Untuk itu dalam perjalanan kita yang senantiasa berusaha mencapai TAUHID yakni mencapai keDEKATan yang akrab denngan ALLAH Swt, dengan menghidupkan kembali  mata hati ini dengan Cahaya Tauhid yang jauh  dari Kegelapan, Yang asal mulanya nampak kelam karena tidak pernah terbayangkan dalam pikiran kita yang diselimuti Kabut Kejahilan yang telah menutup mata hati kita. Akan tetapi kegelapan itu dapat dihilangkan melalui Kesadaran diri Bahwa KITA adalah JAHIL. Serta penyakit jahil ini dapat kita Kikis dengan selalu dan selalu Belajar dan Mengenal apa saja yang Wjib kita kenali secara pasti.

Salah satu pelajaran (ilmu pengetahuan) tentang Makna dibalik Rasa Lapar yang kadangkala kita sering melakukan tapi belum tahu kemana arah dan tujuan kita berlapar – lapar ini, Dengan mecoba mengetahui seperti apa yang telah diisyaratkanoleh Sabda baginda Rosul Saw kepada Aisya Ra,
Bersihkanlah (persempitlah) jalan-jalan setan dengan rasa lapar.
 Juga seperti hadits senada yang telah disebutkan dalam al-fatwa oleh Ibnu Taimiyah (25/245), Dari Nabi Saw : Beliau bersabda,
Sesunggunya setan mengalir dalam tubuh manusia Seperti mengalirnya darah di urat nadi, maka persempitlah aliranya dengan rasa lapar.”

Semoga dengan rasa lapar yang kita jalani bersama dapat menyingkap tabir kegelapan atau hijab yang menjadikan kita ingat dan sadar akan asal usul kita serta tempat tinggal kita yang hakiki, yaitu tempat dari mana kita datang dan kembali. Karna kita harus menyadari bahwa kita berasal dari tempat yang paling mulya dan paling tinggi yakni dari sisi Allah Swt. Maka dengan sadar akan hal itu, Diri kita akan tumbuh rasa rindu untuk kembali ketempat kita berasal. Dan semoga bila waktunya tiba, dengan seIzin Allah, Ruh yang suci dalam diri kita akan kembali dan ‘berpadu’ dengan Dia.Sehingga mata hati kita menjadi terang dan dapat melihat rahasia-rahasia Ketuhanan, Yakni Bashirah.
 Dan Dia (Allah) akan mengenali apa yang dilihatnya dengan Nur yang melekat pada sifat-sifat Allah Swt sendiri, kemudian barulah kita dilimpahi cahaya dan menjadi cahaya itu sendiri. Namun cahaya inipun masih juga dianggap hijab yang menutupi cahaya Zat Allah Swt. Tetapi bila kita telah sampai waktunya, cahaya itupun akan hilang dan bersinarlah Zat Allah Swt dan yang tinggal hanya Zat itu sendiri.
Sungguh mulya bila kita kembali bersanding  disisi-Nya seperti halnya orang-orang sholeh ( yang sesungguhnya dia tidaklah mati), dan benar-benar memeluk dan menganut ajaran Islam yang telah dibawah oleh junjungan kita nabi agung Muhammad Saw. “ Innaddiina ‘Indallahil Islam” *” Sesungguhnya AGAMA ( yang diridhoi ) yang berada disisi ALLAH adalah ISLAM ”.  
Akhirnya saya dapat punya pemahaman bahwa “ Dari islam kembali islam, Dari suci kembali suci “, dan semoga kita senatiasa berharap dan memohon kepada-Nya.... dangan kalimah
“LAAILAAHA ILLA  ANTA, SUBHAANAKA INNII KUNTU MINADHDHOLIMIIN... ,WABISMIKA ALLAHUMMAHDINASHSHIROOTHOKAL MUSTAQIIM SHIROOTHOLLAZDIINA  AN’AMTA ‘ALAIHIM MINANNABIYYIN WASHSHIDDIQIIN WASYSYUHADAA’  WASHSHOLICHIIN...  AMIIN  YA A MUJIIBASSAILIIN..




Wallahu A’lam
-Ihya’ ‘Ulumuddin oleh HUJJATUL ISLAM  ABU HAMID AL-GHOZALI (imam al-ghozali) dan 
-Pesan Syeikh ‘Abdul Qadir Al jilani yang diperolehnya melalui pangalaman Suluk ( perjalanan menuju Allah dalam pengalaman ruhani ) nya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar