RSS

PUASA HARI PUTIH ( Yaumul Bayadh )


Bismillahirrochmaanirrochiim,
PUASA ( Nabi Adam ) HARI PUTIH ( Yaumul Bayadh )

Hari-hari Putih adalah sebutan Puasa TIGA HARI di bulan Hijriyah yakni pada tangal 13,14 dan 15, dan dikerjakan setiap bulanya. Dan ada sebuah riwayat dari Ibnu Abbas Ra berkata,” Rosulullah Saw tidak pernah meningalkan puasa pada hari putih, baik saat ada di rumah maupun saat bepergian”. Sungguh banyak sekali riwayat-riwayat mengenai anjuran puasa hari putih ini, beberapa diantarnya :

- Dari Hudzaifah Ra Nabi Saw Bersabda,”Barangsiapa berpuasa selama tiga hari pada hari tanggal 13,14 dan 15 dalam satu bulan, berarti ia berpuasa seumur hidup.”

- Dari Jarir Ra Nabi Saw Bersabda,”berpuasa  tiga hari yakni pada hari tanggal 13,14 dan 15 adalah sepadan dengan puasa seumur hidup.”

-  Dari Abu Hurairah Ra berkata,” Rosulullah Saw telah berpesan kepadaku dengan tiga perkara : Puasa tiga hari pada setiap bulanya, shalat witir sebelum tidur, dan shalat Dhuha.”

- Dari Ibnu Umar Ra, Nabi Saw Bersabda,”Barangsiapa berpuasa tiga hari setiap bulanya, mengerjakan shalat fajar dua rakaat, dan tidak pernah meninggalkan shalat witir, baik dalam keadaan bermukim maupun saat bepergian, maka dicatatkan baginya pahala mati Syahid.”

- Ali bin Abi thalib Ra, berkata : Suatu hari aku menemui Nabi Saw, menjelang senja. Saat itu beliau sedang berada dalam kamarnya. Aku mengucapkan salam kepadanya dan beliau menjawab salamku. Lalu beliau berkata,”Mendekatlah kemari , wahai Ali. Malaikat Jibril ada disini dan membacakan salam untukmu.” Aku berkata,: Alaika wa ‘Alaihis salam, Ya rasulullah.’ Beliau berkata lagi,” Mendekatlah kepadaku.” Akupun mendekat kepadanya. Kemudian beliau berkata,” Wahai Ali, Malaikat jibril berpesan kepadamu agar senatiasa berpuasa tiga hari pada setiap bulannya, maka akan dicatatkan bagimu untuk puasa pada hari pertama pahalanya sepadan dengan pahala puasa tig belas ribu tahun; untuk puasa pada hari kedua pahalanya sepadan dengan pahala puasa tiga puluh ribu tahun; dan puasa pada hari ketiga pahalanya sepadan dengan pahala puasa seratus ribu tahun.” Aku bertanya,” Wahai Rasulullah, pahala ini khusus untukku atau seluruh manusia?” Nabi Saw menjawab, Wahai Ali Allah Swt memberikan pahala ini kepadamu dan kepada orang-orang yang “melakukannya setelah kamu.” Aku bertanya lagi, “Ya Rasulullah,” kapan puasa tiga hari itu?” Nabi Saw,menjawab,”Ia adalah puasa pada hari putih, yakni pada hari ke-13,14 dan 15.”
Allah Swt telah membenarkan tantang haadits-hadits ini dalam firman-Nya,” Barangsiapa yang membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya.”

Ada satu riwayat lagi dari ‘Antarah,dia bertanya kepada Ali,”Mengapa hari-hari itu dinamakan hari putih? Dan Ali Bin Abi Thalib menjawab,” Ketika Allah Swt memnurunkan Adam As dari syurga ke bumi, tubuh adam terbakar oleh sengatan matahari hingga tubuhnya menjadi hitam. Lalu Jibril menemuinya dan berkata,”Wahai Adam, apakah kamu senang bila tubuhmu menjadi putih kembali?’ Adam menjawab,’Ya, tentu aku senang!’ Jibril berkata,”Berpuasalah pada tanggal 13,14 dan 15 pada setiap bulannya,’Adam pun berpuasa seperti yanng dipesankan; pada hari pertama putihlah sepertiga tubuhnya, kemudian ia berpuasa pada hari kedua dan mendadak putih pula sepertiga bagian tubuhnya yang lain, dan ia berpuasa lagi pada hari ketiga hingga putih seluruh tubuhnya. Maka dinamakan ketiga hari itu dengan hari putih.”

        Sedangkan dalam riwayat panjang dari Dzarr bin Hubais bertanya kepada Ibnu Mas’ud Ra tentang hari putih, dan Ibnu Mas’ud memnjawab, “ aku pernah  menanyakan perihal ini pada Nabi Saw dan beliau menjawab,’ Ketika Adam berbuat maksiat dengan memakan buah yang dilarang, Allah Swt menurunkan wahyu kepadanya,’Hai Adam, enyalah dari sisi-Ku. Demi kemuliaan dan Kebesaran-Ku, tidak pantas orang yang maksiat kepada-Ku berada disisi-Ku. Adam pun diturunkan ke bumi dengan kondisi tubuh yang menghitam. Melihat keadaan itu para Malaikat menangis dan tersungkur seraya memohon kepada Allah Swt, ’Ya Allah, engkau telah menciptakan Adam dengan tangan-Mu, Engkau tempatkan ia di surga-Mu, Engkau perintahkan para Malaikat bersujud kepadanya;namun hanya karena satu dosa, Engkau mengubah tubuh Adam menjadi hitam!’ Maka Allah Swt mwahyukan kpada Adam.’ Wahai Adam, berpuasalah untuk-Ku hari ini,yakni hari ke 13!’ Adam pun berpuasa, dan berubahlah sepertiga tubuhnya menjadi putih.”(Riwayat ini kami potong, Adam  mendapat wahyu hingga puasa tanggal 15, dan Adam pun menjalankannya hingga tubuhnya menjadi putih seluruhnya), Karena kejadian inilah dinamakan HARI PUTIH.

Al-Quthby “ Orang arab menamakan ketiga hari inji hari putih karena ketiga hari ini bartepatan dengan diteranginya malamnya, akibat munculnya bulan Purnama.”


Sejarah Nabi Adam ini di pertegas juga dalam Al Qur’anul kariim Surat At taha Ayat 120



شجرة  هل ادلك علي  دم ا ىا قال ن لشىطا اليه س سو فو
ىبلي لا وملك 


*( Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepadanya seraya berkata:”Hai Adam, maukah saya tunjukkan pohon keabadian) yaitu pohon yang barangsiapa  memakan buahnya akan hidup kekal            - ىبلي لا ملك و (dan kerajaan yang tidak akan binasa) yakni kerajaan yang kekal.*

Kerjakanlah semua karena Allah semata agar miliki jiwa yang bersih, semoga kita mendapatkan yang layak disisi_Nya. Amiin
Wallahu A’lam
           







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar