RSS

Delapan (8) Jiwa Pemimpin


Delapan Jiwa Pemimpin
Delapan laku yang merupakan ajaran kepemimpinan bagi setiap manusia atau yang disebut Ajaran hasta brata, Dari ajaran tersebut diharapkan setiap pemimpin mempunyai sifat-sifat seperti watak kedelapan unsur alam sabagai berikut :

1.                  Matahari, yang diartikan sebagai seorang pemimpin harus dapat menjadi sumber hidup orang lain ( al-Hayyu al-Qoyyum ).

2.                  Bulan, memiliki arti penerangan dalam kegelapan ( an-Nuur ).
( seorang pemimpin harus menjadi penerang pada rakyat yang gelap dalam ilmu maupun materi ).

3.                  Bintang, sebagai petunjuk arah bagi yang tersesat ( al-Hadi, ar-Rasyid ).
( Saat para jelata atau siapapun yang hidup dalam sekitarnya butuh akan arahan dan petunjuk, maka Sang pemimpin harus berjiwa seperti bintang ( membuat tentram ).

4.                  Bumi, yang maksudnya seorang pemimpin yang baik harus kuat menerima beban hidup yang diterimanya ( miliki sifat ash-Shobur/sabar dan ikhlas ).

5.                  Mendhung ( awan ), diharapkan sebagai pemimpin tidak mempunyai sifat yang tidak pilih kasih ( miliki sifat al-'Adlu/adil ).

6.                  Api, yang berarti mematangkan yang mentah
( Dalam segala hal yang berkaitan dengan keputusan atau titik temu dalam permasalahan, seorang pemimpin harus miliki jiwa Api ( dapat menyelesaikan )

7.                  Samudra ( Air ), dimaksudkan bahwa pemimpin harus dapat memahami segala kebaikan dan keburukan ( miliki sifat al-'Alim/berpengetahuan luas ).

8.                  Angin yang apabila berada dimanapun juga harus dapat membawa kesejukkan.

Seorang pemimpin yang dihormati dan dihargai oleh keluarga dan rakyatnya karena rakyat mengharapkan dengan hadirnya pemimpin yang memiliki sifat demikian maka mereka pasti akan hidup rukun, tentram dan damai sejahtera.
Wallahu A’lam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar