RSS

Firman ALLAH Kepada RAHIM ( Silaturrahmi )


Dalam hadits Qudsy
Rahman Rahim
Bnrkah umur qt sudah di tentukan?
Mengapa Silaturrami dpt panjangkn umur?!
Q Coba menjawab:
Bismillahirrohmaanirrahiim,
Kalimah Rahman Rahim adalah satu Ikatan ( yang asalnya Satu ) Yaitu Ismullah ( Nama Allah ),
Didalam riwayat Bukhori, Muslim dan an-Nasa’i., At-Turmuzdi mengeluarkan hadist ini dari Abdurrahman bin ‘Auf Ra, ia berkata,”Aku mendengar RasulullahSaw bersabda, “Allah berfirman, ‘Aku adalah Allah, dan Aku adalah Ar-Rahman ( Yang Maha Pengasih), Aku menciptakan rahim dan Aku yang membelah untuknya dari Nma-Ku. Karena itu,barangsiapa menyambungnya (silaturrahmi), maka Aku akan menyambung hubungan dengannya, dan barangsiapa memutus hubungan dengannya, maka Aku juga yang akan memutus hubungan dengannya.”

Abu Dawud juga mengeluarkan Hadits ini pada Bab: Fi Shilah Ar-Rahim, juz ll, halm 77.
dari Abdurrahman bin ‘Auf Ra, ia berkata,”Aku mendengar RasulullahSaw bersabda, “Allah berfirman, “dan Aku adalah Ar-Rahman ( Yang Maha Pengasih), dan dia adalah rahim. Aku membelah untuknya satu nama dari nama-Ku. Barangsiapa menyambungnya (silaturrahmi), maka Aku akan menyambung hubungan dengannya, dan barangsiapa memutus hubungan dengannya, maka Aku juga yang akan memutus hubungan dengannya.”

Semoga kita dijadikan insan berkepribadian Luhur atas segala sifat Welas Asih ( Rachman Rachim ) yang dianugerahkan oleh Allah Swt, Dengan selalu menjaga hubungan silaturrahmi sesama Makhluk. Ada pesan indah yang perlu kita teladani maknanya, sbb :
 " Kita boleh tidak/kurang suka dengan sifat dan prilaku sahabat atau siapapun, Tapi JANGAN sekali-kali timbulkan Rasa BENCI terhadap mereka ".
Artinya kita tetap dianjurkan untuk tegur sapa dan bergaul sepantasnya ( dalam batas ) kepada siapapun, tak luput pada makhluk yang lain ( jenis Hewan sekalipun ).
Seperti halnya yang Rasulullah Saw telah ajarkan dlm prilakunya dalam menjalani hubungan kepada sesama ( HablumMinanNaas ). Pernah Rasul ( Muhammad Saw ) di ludai oleh salah satu kaum ( Non Muslim ) kemudian suatu hari SiPeludah ini jatuh sakit hingga Rasul Saw bergegas melihat keadaan ( nengokin ) orang telah meludai beliau.. Subhanallah,, .
Seperti halnya kebiasaan Rasul Saw snantiasa Memberi makan dan sekaligus Menyuapi seOrang kakek tua yang buta, Padahal siKakek tua dan buta ini snantiasa mengHina rasul SAW. Dan siKakekpun tak mengetahui bahwa yang memberi makanan serta menyuapinya adalah Rasul Muhammad yang selalu dia hina. Namun ketahuilah bahwa Rasul tak pedulikan itu semua.. Subhanallah..
Semoga Tauladan ini dapat kita jadikan dan Mengerti Makna Silaturrahmi, bila kita masih mengakui dan ingin diakui sebagai ummat Nabiyullah Muchammad SAW kelak.

Dari Abu Hurariroh RA, ia berkata: Rasulullah SAW telah bersabda: “Barang siapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambungkan tali silaturrahminya.” (HR Bukhori,)
Dalam hadits di atas Rasulullah SAW menjelaskan bahwa dengan tetap menjaga tali silaturrahmi, usia seseorang akan diperpanjang oleh Allah SWT. Bila kita melihat makna dhohir hadits tsb, seakan-akan sabda beliau bertentangan dg sejumlah ayat dalam Al-Qur’an yang menyatakan bahwa usia seseorang sudah ditentukan, tak dpt dikurangi maupun ditambah.

Allah SWT berfirman: “Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak pula mendahulukannya.” (QS. Yunus: 49, An-Nahl: 61)

Yang dimaksud dengan penambahan dalam hadits tersebut merupakan kinayah (makna tersirat) dari barokah dlm usia seseorang,yang digunakannya usiaya utk beribadah dan mengerjakan amal sholeh.Hingga bergelar orang Soleh, Dan Ketahuilah pd Hakikatnya “Bahwa sesungguhnya org2 sholeh tidaklah mati tp hdp slamanya disisi Alllah SWT.”( penjelasan dlm Firman_Nya )
Memang ada bbrp Khilafah (perbedaan) mengenai penafsiran bab ini, Namun dengan bbrp dasar ( pedoman ) ayat2 Allah tsb. Sebaiknya kita jalankan amanah rasul SAW dlm hadist tsb ( mengenai pentingnya silaturrahmi) yg termasuk dlm perbuatan baik (amal sholeh) dg snantiasa menjaga ksucian hati, Sehingga kita tergolong orang-orang Sholeh., yg pd hakikatnya hdp slamanya disisi_Nya ( panjang umur ).
Wallahu 'Alam Bishshowaab.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar