RSS

Do’a dan Perbuatan


"Sebaik-baik permohonan yang harusnya engkau ajukan kepada Allah adalah apa yang dituntut Allah untuk engkau lakukan."

Allah memerintahkan kita untuk berserah diri kepada_Nya dengan ikhlas tanpa pamrih, secara lahiriyah maupun bathiniyah. Seorang mukmin yang berakal  mengetahui bahwa apa yang telah dipilih Allah untuknya adalah apa yang dibutuhkan dan tepat baginya.

Terkadang kita tidak sadar akan makna kepasrahan pada kehendak Ilahi, sehingga banyak hal-hal yang kita lakukan masih jauh dari hakikat kepasrahan ( menjadi orang yang pasrah ). Saat kita memohon ( menginginkan ) sesuatu, dan sesuatu itu belum Allah kabulkan namun kita selalu berangan-angan dan berharap-harap datangnya sesuatu ( permohonan ) itu. Menurut kitab klasik yang diajarkan kepada santri tingkat tinggi ( pemahamannya ), Al Hikam (Ibnu ‘Atho’illah) ;” bahwa sesuatu yang diharap-harap akan semakin dijauhkan oleh Allah SWT.”

Tidak sadarnya kita adalah banyaknya permohonan namun kurangnya prilaku yang seharunya kita lakukan ( kerena kewajiban ) pada apa-apa yang telah digariskan oleh allah SWT. Perihal yang harus kita sadari bersama adalah “semua perilaku atau perbuatan adalah tersirat ( tersimpan rahasia ) Do’a”, bila perbuatan tidak bagus berarti kita akan dapatkan balasan yang tidak bagus pula dan begitu sebaliknya perbuatan bagus ( dalam ridhonya ) adalah tersimpan sebuah doa tanpa diucapkan. Dan Allah akan memberi balasan atas apa yang kita perbuat tanpa memohon dengan Qouli (ucapan), namun kita tidak sadar sebelum kita berbuat sudah ada niat dalan hati kita. Disinilah keIkhlasan kita memohon itu terwujud tanpa sadar yang akhirnya allah membalas (mengabulkan) hasil dari doa yang tersimpan dalam perbuatan kita ( dalam tho’at ).

Semoga kita dijadikan sebagai pribadi yang benar-benar menghamba yang memiliki sifat kepasarahan total dengan keikhlasan, karena itulah yang Allah SWT harapkan. Agar keadaan  (harapan) kita selaras dengan keputusannya dan menjadikan nasib kita tercerahkan.

Wallahu A’lam Bishshowaab.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar