RSS

Cahaya di atas Cahaya Iman ( 1 )


“Allah (memberi) cahaya (kepada) langit dan bumi (yakni dengan matahari dan bulan). Perumpamaan cahaya Allah(sifat cahaya Allah di dalam kalbu orang mukmin) adalah seperti Misykat (lubang yang tak tembus) yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (lampu didalamnya)dan kaca itu seakan-akan (cahaya yang terpancar darinya) bintang yang bercahaya seperti mutiara yang menyalakan dengan  minyak dari pohon yang banyak berkahnya, yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah baratnya(tetapi tumbuh diantara keduanyasehingga tidak terkena panas dan dingin yang dapat merusaknya) yang minyaknya saja hampir menerangi walaupun tidak disentuh api( karena jernihnya minyak itu). Cahaya (yang disebabkan) di atas cahaya (api dari pelita itu berlapis-lapis. Maka yang dimaksud cahaya Allah adalah petunjuk_Nya kepada orang mukmin, maksudnya adalah Cahaya di atas Cahaya Iman).
Allah membimbing kepada cahayanya, siapa yang Diakehendaki, dan Allah membuat (yakni menjelaskan ) perumpamaan-perumpamaan bagi manusia (supaya dapat dicerna, agar mereka mengambil pemahaman darinya sehingga mereka mau beriman).dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu ( anatara lain membuat perumpamaan-perumpamaan ini ).
Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan pada waktu petang, lelaki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak pula oleh jual beli dari mengingat Allah dan dari mendirikan sholat dan dari membayar zakat. Mereka takut pada suatu hari (yang dihari itu) menjadi goncang (yakni panik) Hati dan penglihatan (karena merasa khawatir apakah dirinya selamat atau binasa) dengan harapan supaya Allah memberikan balasan kepada mereka dengan balasan  yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan, dan supaya Allah menambahkan kurnianya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki pada siapa yang dikehendakinya tanpa batas.” (An-Nur: 35-38)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar